Program Pendampingan Pelatihan Bahasa Inggris bagi Pengemudi Taksi ditengah Pandemik Covid-19
Main Article Content
Abstract
Program kemitraan masyarakat ini dilakukan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dalam rangka merespon kendala berkomunikasi yang dihadapi oleh para pengemudi taksi saat mendapatkan penumpang internasional. Sehingga program pendampingan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan , kompetensi d a n p er ca ya di ri para pengemudi taksi Blue Bird di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya agar mampu berkomunikasi dengan tepat melalui program pendampingan pelatihan Bahasa Inggris. Pada awalnya program pendampingan pelatihan Bahasa inggris ini dirancang sedemikian rupa dengan mengenalkan jenis-jenis ungkapan sederhana saat membuka percakapan, percakapan inti, meminta dan memberi informasi. Selain itu, pelatihan pengucapan/ pronounciation yang benar akan kosakata Bahasa inggris pun menjadi fokus dalam program ini mengingat salah satu kendala berbahasa adalah pelafalan kata yang kurang tepat sehingga memicu kesalah pahaman akan makna yang disampaikan. Diawal pelaksanaan program dilakukan secara tatap muka dengan mengenalkan jenis-jenis ungkapan sederhana yang biasa digunakan untuk menunjang profesi supir taksi. Namun, dengan merebaknya virus Covid-19 ditengah proses pembelajaran berlangsung, maka sistem pembelajaran pun beralih ke daring dengan menggunakan berbagai jenis kelas daring/ platform seperti Edmodo dan juga menggunakan platform video conference melalui Zoom. Adapun hasil pelatihan ini berhasil meningkatkan kepercayaan diri dan keterampilan dalam berkomunikasi para supir taksi menjadi lebih fasih, lancar , benar pada saat berkomunikasi dengan penumpang internasional.