Main Article Content

Retno Dyah Kusumastuti Prasetyo Hadi Ria Maria Theresia Muhammad Ikhsan Amar

Abstract

Desa Cimanggu memiliki potensi sebagai destinasi wisata. Desa ini sendiri sebenarnya juga memiliki salah satu obyek wisata, yaitu Curug Rahong. Namun, sejauh ini Bumdes dan Pokdarwis Desa Cimanggu belum mampu menarik banyak wisatawan untuk datang di desa tersebut. Hal ini dikarenakan belum efektifnya kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh Bumdes dan Pokdarwis Desa Cimanggu. Dikarenakan adanya permasalahan tersebut, tim pengabdian dari UPN “Veteran” Jakarta melakukan kegiatan pelatihan branding dan pemasaran digital untuk Bumdes dan Pokdarwis Desa Cimanggu. Pelatihan branding dan pemasaran digital untuk Bumdes dan Pokdarwis Desa Cimanggu dilakukan mulai dari 24 Juni 2020 hingga 10 Juli 2020. Pelatihan dilakukan secara daring melalui tatap maya dan diskusi dengan memanfaatkan platform Google Meet, mengingat tidak memungkinkan untuk melakukan kunjungan ke Desa Cimanggu dikarenakan adanya pandemi Covid – 19. Pelatihan tersebut dilakukan dalam 3 pertemuan, dan materi yang disampaikan adalah mengenai brand destinasi pariwisata, konsep branding dan promosi, serta marketing communication. Kedepannya sesudah pandemi Covid – 19 berakhir, pelatihan dapat dilanjutkan dengan lebih intensif melalui pertemuan tatap muka, Focus Group Discussion (FGD), dan latihan serta praktik lebih lanjut, sehingga pihak Bumdes dan Pokdarwis Desa Cimanggu dapat memiliki kapabilitas branding dan pemasaran digital yang lebih baik

Article Details

Section
Articles