Pemberdayaan Masyarakat pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Melalui Pelatihan Branding Digital Marketing (“Studi Kasus pada pelaku UMKM Kampung Rawajati”)
Main Article Content
Abstract
Pemberdayaan masyarakat pada sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi upaya
strategis dalam meningkatkan perekonomian lokal dan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Penelitian
ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pelatihan branding melalui digital marketing terhadap
pengembangan UMKM di Kampung Rawajati. Metode penelitian dengan menggunakan studi kasus
kolaborasi pengabdian kepada masyarakat dalam rangka digitalisasi Kampung Rawajati melalui tutorial
pada pre-test workshop tahap satu dan dua dengan melakukan pre-testdan post-test, dilanjutkan dengan
�inal workshop untuk menggali secara mendalam pengalaman pelaku UMKM dalam mengadopsi
strategi branding melalui kreatif pembuatan konten dan strategi promosi media sosial ini berhasil
meningkatkan pemahaman pelaku UMKM tentang pentingnya citra merek dan pemanfaatan media digital
dalam memasarkan produk. Peningkatan kemampuan ini berkontribusi pada peningkatan daya saing
produk dan pertumbuhan penjualan. Selain itu, kolaborasi antara pemerintah, akademisi, dan komunitas
lokal terbukti menjadi kunci keberhasilan pemberdayaan UMKM. Penelitian ini merekomendasikan
keberlanjutan program pelatihan dan penguatan jaringan pemasaran berbasis digital menjadi solusi
inovatif bagi pengembangan ekonomi masyarakat lokal secara berkelanjutan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.