Main Article Content

Wiwiek Mardawiyah Daryanto

Abstract

ABSTRAK


Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang stabil telah memicu meningkatnya jumlah perusahaan. Seiring dengan meningkatnya jumlah perusahaan, kebutuhan tenaga kerja yang siap di bidangnya telah menjadi prioritas. Di sisi lain, pertumbuhan populasi di Indonesia juga membutuhkan tenaga kerja yang kredibel dan profesional. Oleh karena itu, Presiden Indonesia, Bapak Joko Widodo menyarankan untuk mengembangkan sekolah kejuruan atau sekolah di bidang keterampilan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja. Situasi ini telah memotivasi Yayasan Harapan Mulya Insani (YAHMI) sebagai pengembang salah satu bank syariah di Indonesia untuk mendirikan lembaga pendidikan kejuruan, yaitu Institut Harta Insan Karimah (IHIK), Jakarta dengan kurikulum Dasar Dasar Akuntansi sebagai salah satunya. Untuk mendukung kebutuhan IHIK, penulis mendapat tugas sebagai penanggung jawab untuk menyiapkan kurikulum dan silabus Dasar Dasar Akuntansi, sekaligus menjadi Pembicara Tunggalnya. Pelatihan ini dilakukan dengan metode kuliah dan metode studi kasus untuk membangun diskusi yang dinamis. Pre-test dan post-test dilakukan dalam pelatihan ini. Pelatihan ini diharapkan bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para peserta IHIK tentang pentingnya memahami Dasar Dasar Akuntansi dalam hal mengukur kinerja perusahaan serta kinerja pelanggan nasabah bank tempat mereka akan bekerja di masa depan.


ABSTRACT


A steady growth of Indonesia’s economy has triggered the increasing number of enterprises. Along with the increasing number of enterprises, the need of prepared manpower in their fields has come to the priority. On the other side, the growing population in Indonesia is also required a credible manpower. Therefore, President of Indonesia, Mr. Joko Widodo suggest to develop the vocational school or schools in the field of skills to meet work force needs. This situation has motivated the Harapan Mulya Insani Foundation (YAHMI) as a developer of one  of syari’ah bank to establish a Vocational School - the Institute of Harta Insan Karimah (HIK) with the Basic Accounting curriculum as one of them. To support the institute, the author was responsible to develop the curriculum and syllabus of the Basic Accounting subject, as well as the facilitator. Lecturing and case study methods were used as a methodology in this training, in order to develop a dynamic discussion during the training. Pre-test and post test were also carried out. This training is expected to be beneficial to increase the knowledge and understanding of the participants of the IHIK on the importance of understanding Financial Accounting in terms of measuring the performance of the company as well as the performance of customers of bank customers where they will work in the future.

Article Details

Section
Articles