Main Article Content

Leonnard Ong https://orcid.org/0000-0003-0459-5673

Abstract

Peruri merupakan salah satu BUMN yang memberikan dampak besar bagi perekonomian di Indonesia. Era transformasi digital berimplikasi pada pentingnya pemahaman terkait dengan pemasaran dan konsep produk dan jasa, dimana perkembangan teknologi digital juga turut mempengaruhi dinamika bisnis tanah air. Dalam kaitannya dengan penguatan konsep pemasaran dan produk pada era digital tersebut, pengabdian pengajar kepada masyarakat dilakukan melalui penyuluhan dan diskusi terbuka dengan perusahaan, khususnya dengan tema Pemasaran Stratejik pada Era Digital serta Konsep Produk dan Jasa. Aktivitas pemasaran pada banyak penelitian menunjukkan adanya dampak positif baik pada loyalitas pelanggan dan pada ekuitas merek (brand equity) pada berbagai sektor. Bagi Peruri, realisasi strategi pemasaran membawa dampak positif bagi perusahaan dengan terciptanya beberapa kerjasama dalam negeri maupun luar negeri. Peruri juga memiliki 7 jenis produk (uang kertas dan logam, logam non uang, kertas berharga non uang solusi bisnis digital, Peruri Code, Peruri Sign, serta Peruri Trust) yang memiliki posisi pada tahap siklus hidup yang berbeda. Posisi yang berbeda tersebut tentu juga memerlukan pemahaman dan aktivitas pemasaran yang berbeda pula. Pemahaman terhadap konsep pemasaran serta produk dan jasa bagi seluruh jajaran staf dan manajemen Peruri perlu terus ditingkatkan agar tindakan dari seluruh organisasi mampu mewujudkan kebijakan strategis yang dijalankan pada tahun 2021, serta meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan secara jangka panjang. Lebih lanjut, penelitian praktis untuk mengevaluasi dan mengukur aktivitas pemasaran dan dampaknya terhadap Peruri perlu dilakukan menggunakan penelitian survei yang lebih komprehensif.

Article Details

Section
Articles