Main Article Content

Zita Atzmardina

Abstract

Latar belakang Tuberkulosis (TB) masih menjadi salah satu masalah kesehatan di masyarakat yang dapat menimbulkan kesakitan, kecacatan dan kematian yang tinggi sehingga perlu dilakukan upaya penanggulangan. Tuberkulosis merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis yang dapat menyerang paru dan organ lainnya. Infeksi akan terjadi ketika orang lain secara sengaja maupun tidak sengaja menghirup udara yang mengandung percikan dahak infeksius tersebut.


Tujuan Kegiatan pengabdian yang kami lakukan ini bertujuan bisa meningkatkan pengetahuan masyarakat di Cikupa sehingga dapat mengubah sikap dan perilaku masyarakat yang akhirnya diharapkan dapat menurunkan angka kejadian tuberkulosis.


Metode Kegiatan pengabdian yang kami lakukan ini dengan memberikan penyuluhan kepada warga yang datang ke Puskesmas Cikupa. Sebelum kegiatan berlangsung, kami melakukan pre-test kepada warga yang hadir, kemudian penyuluhan dilakukan dengan media Power Point yang berisikan pengertian, penyebab, faktor risiko, cara penularan, gejala, pengobatan, dan cara pencegahan tuberkulosis. Setelah penyuluhan dibagikan leaflet dan dilakukan demonstrasi cara etika batuk serta penggunaan masker yang baik dan benar, kemudian kegiatan ditutup dengan post-test


Hasil Hasil pada 30 responden didapatkan adanya perbedaan rata-rata yang signifikan (P<0.001) antara nilai pretest dan postest dengan nilai mean difference sebesar 16,00 (SD 12,76). Hasil dari demonstrasi yang dilakukan juga baik dengan dilihat dari warga yang terpilih untuk melakukan demonstrasi ulang dapat mengulang cara etika batuk serta penggunaan masker yang baik dan benar.


Kesimpulan Kegiatan intervensi yang kami lakukan berjalan dengan baik dan sesuai rencana karena didapatkan peningkatan hasil nilai pre test dan post test sehingga kegiatan seperti ini dapat terus berlangsung untuk memberikan dampak khususnya penurunan kasus Tuberkulosis.


Kata kunci Tuberkulosis, Etika Batuk, Masker

Article Details

Section
Articles