Main Article Content

Leonnard Ong

Abstract

Dalam industri konstruksi, hubungan antara pelanggan dan kontraktor merupakan suatu hubungan yang kompleks dan bertingkat antara para pihak secara bersamaan dan berkolaborasi dalam suatu jaringan. Pelanggan dalam industri konstruksi merupakan suatu kesatuan dalam jaringan bisnis yang dibangun dan dikembangkan sehingga perusahaan konstruksi menjadi tumbuh dan berkembang. Salah satu perusahaan yang bergerak dalam industri konstruksi dan properti di Indonesia adalah PT PP Properti. Pemahaman terkait dengan dimensi service quality pada perusahaan konstruksi, khususnya di PT PP Properti perlu ditingkatkan agar tindakan dari seluruh organisasi mampu memberikan layanan yang terbaik kepada para pelanggannya, baik pelanggan internal maupun eksternal. Dalam reviu literatur yang telah dilakukan, service quality dalam disiplin konstruksi telah diteliti oleh banyak pakar. Service Quality adalah alat bantu yang dapat digunakankan untuk proses mendapatkan network business, menciptakan dan mempertahankan partnership. Dalam upaya penguatan jejaring bisnis PP Properti, dimensi kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan bukti langsung/berwujud (tangibles) merupakan hal yang penting dalam industri konstruksi. Lebih lanjut, diperlukan penelitian survei untuk mengevaluasi dan mengukur kualitas pelanggan setelah penerapan service quality di PP Properti.

Article Details

Section
Articles