Main Article Content

Muhammad Ramaditya Syahrul Effendi Faris Faruqi Arya Darmawan

Abstract

ABSTRAK


Usaha mikro, kecil dan menengah telah menjadi salah satu tulang punggung perekonomian Indonesia dan ASEAN. Presiden Jokowi Widodo memiliki harapan bahwa para pelaku bisnis usaha kecil ini dapat menjadi tumpuan utama dalam membangun keberlangsungan dan kemajuan bisnis di Indonesia. Dalam kondisi saat ini pemanfaatan sarana teknologi, informasi dan komunikasi dalam melakukan perdagangan secara elektronik adalah keharusan yang dilakukan oleh para pengusaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam upaya meningkatkan omset penjualan dan memberikan nilai lebih kepada konsumen. Kegiatan pengabdian masyarakat bertujuan untuk merubah para pelaku UMKM disekitar wilayah Rawamangun untuk menjadi seorang wirausaha kreatif yang memiliki nilai ekonomis tinggi serta bisnis yang memiliki keberlanjutan dalam meningkatkan keterampilan dan pengetahuan yang secara mendalam mengenai pemanfaatan teknologi informasi, lebih khususnya pada perdagangan elektronik. Metode yang digunakan pada pelatihan ini berupa ceramah, praktik, tanya-jawab dan studi kasus dengan menjelaskan konsep dan strategi pemasaran digital, serta coaching yang efektif serta mendapatkan umpan balik dari para peserta. Kegiatan ini juga memberikan manfaat berkelanjutan bagi peserta dalam pengarahan dan konsultasi bisnis secara intensif dalam menjalankan usaha mikro berbasis online demi meningkatkan potensi kerjasama yang luas untuk membangun ekonomi rakyat.


 


ABSTRACT


Small medium enterprises (SME’s) have become the backbone of the economies of Indonesia and ASEAN. President Jokowi Widodo has hopes that these small business entrepreneurs can become the main foundation in building business sustainability in Indonesia. Currently, the use of technology, information and communication facilities in e-commerce is a must need to do by SME’s as an effort to increase sales turnover and provide more value to consumers. This community service activities aim to transform SME’s around Rawamangun area into creative entrepreneur that have high value of economic and business sustainability in order to improve skills and knowledge in depth regarding the use of information technology, especially through e-commerce. The method used in this training is in the form of lectures, practices, questions and answers and case studies by explaining digital marketing concepts and strategies, as well as effective coaching and getting feedback from the participants. These activities also provide ongoing benefits for participants in business direction and consultation intensively in running online based micro business in order to increase the potential for cooperation to build the people's economy.

Article Details

Section
Articles