Main Article Content

Liena Prajogi

Abstract

Pemberdayaan masyarakat pada sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi upaya strategis dalam meningkatkan perekonomian lokal dan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pelatihan branding melalui digital marketing terhadap pengembangan UMKM di Kampung Rawajati. Metode penelitian dengan menggunakan studi kasus kolaborasi pengabdian kepada masyarakat dalam rangka digitalisasi Kampung Rawajati melalui tutorial pada pre-test workshop tahap satu dan dua dengan melakukan pre-testdan post-test, dilanjutkan dengan final workshop untuk menggali secara mendalam pengalaman pelaku UMKM dalam mengadopsi strategi branding melalui kreatif pembuatan konten dan strategi promosi media sosial ini berhasil meningkatkan pemahaman pelaku UMKM tentang pentingnya citra merek dan pemanfaatan media digital dalam memasarkan produk. Peningkatan kemampuan ini berkontribusi pada peningkatan daya saing produk dan pertumbuhan penjualan. Selain itu, kolaborasi antara pemerintah, akademisi, dan komunitas lokal terbukti menjadi kunci keberhasilan pemberdayaan UMKM. Penelitian ini merekomendasikan keberlanjutan program pelatihan dan penguatan jaringan pemasaran berbasis digital menjadi solusi inovatif bagi pengembangan ekonomi masyarakat lokal secara berkelanjutan.

Article Details

Section
Articles